Senin, 22 September 2014

Rahasia Hidup Koloni Semut

Semut, merupakan hewan mini yang memiliki antena dalam berkomunikasi sesama semut. Serta dipimpin oleh seorang ratu yang menjadi pengatur kegiatan koloni semut. Kehidupan semut tidak jarang menjadi inspirasi hidup manusia dalam berkumpul. Bahkan film-film animasi menjadikan semut salah satu tokoh utama karena keunikannya.

Koloni Semut, gambar diambil dari potongan video
Bahkan Nabi Sulaiman berbicara kepada semut merah saat diperjalanan, menjadi satu hal yang sangat menginspirasi manusia dalam meneliti lebih dalam mengenai semut dan koloninya.
Semut bukan hanya menyukai makanan yang manis, namun mereka juga pandai membuat sarang dan membagi-bagi tugas masing-masing semut layaknya koloni lebah madu.

Semut adalah salah satu organisasi sosial yang paling kompleks dalam kerajaan hewan. Mereka hidup dalam koloni terstruktur yang berisi berbagai jenis anggota yang melakukan peran tertentu. Deborah M. Gordon menjelaskan cara makhluk-makhluk luar biasa ini melakukan perkawinan, berkomunikasi dan mengumpulkan sumber makanan, serta bagaimana tindakan mereka dapat meniru dan menginformasikan perilaku manusia
  
Semua mahluk hidup didunia ini memiliki perannya masing-masing termasuk pula mahluk tak hidup seperti tanah, atmosfer memliki perannya yang tak dapat digantikan oleh apapun. Maka tak heran jika kita tidak ramah pada alam, tak sedikitpun peduli pada lingkungan, maka alam menjadi murka karena apa yang kita lakukan.
Semut, menjadi contoh koloni yang bukan hanya peduli pada lingkungan, namun merkea adalah contoh koloni yang giat bekerja, dan bergotong royong dalam melakukan setiap pekerjaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar