Rabu, 17 September 2014

Apa yang Tak Boleh Kita Pikirkan Tentang Allah SWT?


lafadz Allah Apa yang Tak Boleh Kita Pikirkan Tentang Allah SWT?
ALLAH SWT adalah pencipta seluruh alam semesta dan juga pencipta makhluk-makhluk hidup di dalamnya. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT tentulah kita harus mengenal Tuhan kita. Karena apabila kita cuma mengira-ngira maka khawatir kita akan tersesat ke dalam pikiran yang salah.
Allah telah menganjurkan kita untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya di muka bumi ini. Termasuk ilmu mengenai Dia sebagai Tuhan kita. Karena ilmu yang telah Allah berikan kepada kita itu sangatlah luas. Bahkan melebihi lautan yang ada di muka bumi ini. Tapi, ada satu hal yang tak boleh kita pikirkan mengenai Allah SWT. Apakah itu?
Hal yang tak boleh kita pikirkan mengenai Allah SWT ialah mengenai Dzat-Nya. Rasulullah SAW telah memberitahu kita mengenai hal ini melalui sabdanya, “Berpikirlah tentang nikmat-nikmat Allah, dan jangan sekali-kali engkau berpikir tentang Dzat Allah,” (Hasan, Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah [1788]).
Bila Anda penasaran mengapa hal itu tidak diperbolehkan, silahkan Anda coba cari mengenai Dzat Allah. Karena sekeras apa pun Anda mencarinya, jawabannya tidak akan pernah Anda dapatkan. Yang ada, Anda hanya akan membuang-buang waktu untuk memikirkan sesuatu yang telah jelas tidak akan Anda temukan.
Tentu bila kita memikirkan tentang Allah selain Dzat-Nya, kita pasti akan menemukan jawabannya. Baik itu dimana Allah berada, sifat-sifat yang Allah miliki, kedudukan Allah terhadap makhluk-Nya, hal yang mustahil dari Allah, dan masih banyak lagi. Semua itu dapat kita temukan dalam al-Quran dan sunnah Rasulullah SAW. Bahkan, dari seorang ulama sekali pun.
Segala apa yang telah Allah dan Rasul-Nya perintahkan tentu ada hikmahnya. Begitu pun dengan larangan yang satu ini. Oleh sebab itu, bila kita ingin selamat dari jurang kehidupan, maka ikutilah apa yang telah Allah dan Rasul-Nya perintahkan. [rika/islampos/abu-maryamhaazimah/disarikan dari Siswanto]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar