Kamis, 07 Januari 2016

7 Destinasi Lokal Untuk Solo Traveling / Backpacking

1. Sabang, Aceh

Sabang adalah daerah paling barat Indonesia yang tidak hanya mempunyai alam yang cantik, tetapi juga merupakan daerah yang relatif sepi, terutama saat Tahun Baru. Kunjungan ke Tugu Nol Kilometer Indonesia, yang menjadi titik tolak pengukuran panjang Indonesia dari barat ke timur, bisa Anda jadikan sebagai simbol pengingat dari perencanaan hidup Anda di awal tahun yang akan datang.

2. Pulau Peucang, Banten

Terletak di dalam area Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang dapat dicapai sekitar 4 jam perjalanan laut dengan kapal tradisional dari Dermaga Sumur, Pandeglang. Selain tempatnya yang relatif sepi, ketiadaan sinyal internet dan buruknya jaringan telepon dan SMS dapat membuat kontemplasi Anda berjalan lebih hikmat. Anda tidak akan merasa terganggu oleh keriuhan dunia maya. Anda pun akan dengan cepat terbiasa hidup tanpa teknologi di sini karena keindahan alamnya akan sukses membantu Anda lebih rileks.

3. Gili Labak, Jawa Timur

Berjarak sekitar 2 jam penyeberangan dari Pelabuhan Kalianget atau Dermaga Tanjung, Sumenep, Madura, Gili Labak adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin berkontemplasi dengan berkemah di pinggir pantai dan beratapkan taburan bintang di langit. Pantai dan sunset, serta sunrise-nya yang cantik pun siap menemani Anda selama di sana.

4. Donggala, Sulawesi Tengah

Nama Donggala sangat populer di kalangan turis asing, terutama pencinta olahraga diving. Hanya berjarak 5 meter dari pinggir pantai, terutama Pantai Tanjung Karang, Anda akan bisa melihat karang dan ikan yang berwarna-warni. Selain itu, Donggala merupakan kota tua yang jauh tenggelam dari keriuhan kota Palu meski hanya berjarak 1 jam perjalanan darat saja.

5. Olele, Gorontalo

Terletak sekitar 1 jam perjalanan darat dari pusat kota Gorontalo, Taman Wisata Laut Olele yang berada dalam wilayah Kabupaten Bone Bolango adalah tempat yang tepat bagi Anda yang merindukan alam bawah laut yang cantik. Tidak terdapat penginapan di tempat ini, Anda bisa homestay dengan tarif Rp 200.000,00 per malam. Harga ini sudah termasuk makan sebanyak 3 kali dan menjadi kesempatan bagi Anda untuk bisa bercengkrama dengan penduduk lokal yang sangat ramah.

6. Riung 17 Pulau, NTT

Berbeda dengan Taman Nasional Komodo yang akan sangat ramai saat Tahun Baru, tempat yang memiliki nama lengkap Taman Wisata Laut Riung 17 Pulau ini cenderung sepi, mungkin karena letaknya yang cukup remote, sekitar 6 jam perjalanan darat dari pusat kota Ende. Selain snorkeling atau diving, Anda juga bisa hopping island atau mendaki bukit-bukit kecil yang ada di hampir setiap pulaunya.

7. Ambon, Maluku

Maluku bukan hanya terkenal oleh Pantai Ora. Dengan melakukan perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Ambon, Anda bisa mencapai Pulau atau Nusa Pombo yang tak kalah cantik. Biasanya tempat initergolong sangat sepi, kecuali di hari Minggu. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Monumen Martha Christina Tiahahu yang terdapat di atas bukit, sambil menikmati panorama sunset yang indah di Kota Ambon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar