Sabtu, 05 Mei 2018

Jangan Biarkan Puasa Anda Sia-Sia

Puasa bukanlah hanya sekedar manahan lapar dan haus saja. Lebih dari itu, dengan berpuasa, itu artinya Anda juga harus mampu menahan diri dari segala macam hal yang dapat membatalkan puasa Anda. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa betapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya tersebut kecuali lapar dan dahaga saja.

Sehingga saat menjalankan puasa, hendaknya Anda TIDAK melakukan hal-hal seperti berikut.

Berkata dusta
Berkata dusta dapat membuat puasa seorang muslim menjadi hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Yang dimaksud berkata dusta antara lain, seperti menggunjing, mengadu domba, dan juga mencela muslim yang lain.

Berkata kotor dan kasar
Saat puasa, memang terkadang banyak hal yang dapat membuat diri kita terganggu sehingga terkadang kita tidak sadar mengucapkan kata-kata kasar. Namun, perlu diketahui, dengan berkata kotor atau kasar, hal tersebut dapat mengilangkan amalan pahala dari puasa Anda. Jadi, saat hal yang tidak menyenangkan menimpa Anda, ada baiknya Anda beristighfar atau pergi keluar untuk menenangkan diri.

Melakukan maksiat
Jauhkanlah diri Anda dari segala perbuatan yang haram termasuk melakukan maksiat. Karena hal ini merupakan hal paling jelek yang dapat menghapuskan amalan puasa seseorang.

Ada pepatah bagus yang dikatakan oleh salah seorang sahabat nabi yang bernama Jabir bin ‘Abdillah, yaitu “Seandainya kamu berpuasa maka hendaknya pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu turut berpuasa dari dusta dan hal-hal haram serta janganlah kamu menyakiti tentangga. Bersikap tenang dan berwibawalah di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari puasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.”

Dengan demikian, Anda tentu akan lebih berhati-hati dalam menjaga mulut dan perilaku agar amalan dari ibadah puasa Anda dapat diterima dan tidak sia-sia, bukan?

Sumber : https://www.1001inspirasiramadhan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar