Senin, 12 Januari 2015

5 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan saat Anda Bekerja

UCAPAN adalah do’a! Mungkin kata-kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun bagaimana jika ucapan itu malah menjadi ancaman bagi diri kita? Menurut Philip Wilson, seorang psikolog bisnis, ada kata-kata yang seharusnya tidak pernah digunakan dalam aktivitas kita sehari-hari.
1. “Saya tidak bisa,” ungkapan ini berkesan negatif, seolah-olah Anda mengundurkan diri dari sebuah tugas. Sebenarnya, Anda dapat mengerjakan tugas tersebut.
Hanya, jika Anda tidak ingin beban pekerjaan menjadi terlalu berat, sebaiknya, tawarkanlah solusi seperti : ”Kalau ada seseorang yang bisa membantu saya menyelesaikan laporan penjualan saya, saya pasti bisa mengerjakan tugas lain.”
2. “Boleh nggak saya minta tolong?” kalimat ini lebih terdengar seperti permintaan maaf. Lebih baik, Anda berkata: ”Kalau Anda sempat, tolong saya ya!” begitu juga halnya bila Anda berbicara pada atasan. Harus jelas, tepat dan to the point.
3. “Saya benci,” atau “Saya suka”, yang lebih berupa ungkapan emosi. Anda harus lebih spesifik dalam pemilihan kata untuk mengkritik atau memuji .
4. “Emm…” Semua orang pasti menggunakan ‘pengisi’ seperti ini. Tapi, bila keseringan, Anda akan terdengar ragu-ragu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merencanakan kata-kata yang akan Anda ucapkan sebelum berbicara.
5. “Bukan salah saya.” Terimalah tanggung jawab bila Anda memang berhak. Sebaiknya, Anda bekerja sama dalam sebuah tim, supaya bisa saling medukung pekerjaan masing-masing serta menghindari pengulangan kesalahan.
Itulah ucapan-ucapan yang sebaiknya ungkapan itu dihindari untuk tidak diucapkan dalam kondisi apapun.[]
Sumber : Majalah cosmopolitan edisi tahun 1998

Tidak ada komentar:

Posting Komentar