Selasa, 11 Desember 2012

@>-- 7 Amalan yg Pahalanya Terus Mengalir@>--

Amal Jariyah trs mengalir pahalanya wlupun orang itu sdh wafat. Hadis ttg amal jariyah dari Abu Hurairah yaitu Rasulullah SAW bersabda, "Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya" (HR. Muslim).
Selain itu ada lagi perbuatan yang tergolong dalam amal jariah. Sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya amal kebaikan yg mendatangkan pahala stlh org itu wafat antara lain mushaf (kitab2 keagamaan) yg diwariskan, masjid yg dibangunnya, rumah yg disediakannya utk penginapan org musafir. sungai yg dialirkannya utk kepentingan org byk, harta yg disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).
  1. Menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat melalui pendidikan formal dan nonformal spt diskusi, ceramah, dakwah termasuk me­nulis buku yang berguna dan mempublikasikannya.
  2. Mendidik anak jadi yg saleh krn ia selalu berbuat kebaikan di dunia shg pahalanya sp kpd org tua yg tlh wafat tpa mengurangi pahala yg diterima.
  3. Mewariskan mushaf (buku agama) kpd orang2 yg dpt memanfaatkannya utk kebaikan diri dan masyarakatnya.
  4. Membangun masjid sesuai sabda Rasulullah SAW ”Barangsiapa membangun masjid krn Allah maka Allah akan membangun untuknya rumah di surga” (HR. Bukhari dan Muslim) dan ia menerima pahala spt pahala org yg beribadah di masjid itu.
  5. Membangun pondokan utk org yg bepergian utk kebaikan dan tdk dimanfaatkan utk maksiat akan mengalirkan pahala kepada orang yang membangunnya.
  6. Mengalirkan air bersih ke tempat2 org yg membutuhkan atau menggali sumur di tpt yg sering dilalui atau didiami orang banyak.
  7. Menyedekahkan sebagian harta yg secara ikhlas akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar