Kamis, 22 Agustus 2019

Ada tiga hal yang mungkin sekarang termasuk barang langka dan sulit ditemukan dalam kehidupan sekarang.

*_Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh...._*
Selamat pagi Saudarakoe yang dirahmati Allah SWT......
_Ada tiga hal yang mungkin sekarang termasuk barang langka dan sulit ditemukan dalam kehidupan sekarang......_
*_Ihsan: Jujur, Malu dan Takut kepada Allah_*
Pengertian Ihsan
Secara etimologi (lughah [bahasa]) ihsan berasal dari kata hasuna-yahsunu-husnan (fi’il lazim, aktif intransitif) yang berarti baik atau bagus. Kemudian diubah ke dalam bentuk fi’il muta’adi atau aktif transitif menjadi ahsana-yuhsinu-ihsanan yang artinya berubah menjadi memperbaiki, membaguskan.

Makna tersiratnya, memperbaiki dan membaguskan diri dalam dimensi aqidah, ibadah dan akhlaq.
Berdasarkan hadits Rasulullah ihsan adalah :
*_“Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat Allah. Jika engkau tidak mampu melihat Allah maka Allah lah yang melihatmu”_* (H.R. Bukhari-Muslim)

Jadi, ihsan merupakan sikap merasa diri dimonitor oleh Allah.
Oleh karenanya, ketika sikap ihsan ini dimiliki, para pejabat tidak akan korupsi karena malu dan takut, para pedagang tidak akan curang karena malu dan takut, para pelajar dan mahasiswa tidak akan licik karena mereka tahu bahwa Allah melihat kelicikannya, istri tidak akan berbuat yang tidak-tidak di belakang suaminya, suami pun tidak akan selingkuh dengan tidak hak (ta’addud [poligamai] secara bajik dan bijak).
*_Tentang Jujur_*
Jujur dalam bahasa Arab disebut dengan istilah ash-shidqu yang arti dasarnya adalah benar. Relevansinya, orang yang jujur itu adalah orang yang benar. Maka, karena ia adalah orang yang benar, ia akan senantiasa berada dalam kebahagiaan sejati.
*_Jujur itu lebih menentramkan hati. Jujur itu membuat jiwa merasa nyaman._* Pekerjaan yang dilakukan dengan tidak jujur membuat diri tidak pernah tenang karena terjadi perang batin yang cukup alot. Ucapan yang tidak jujur membuat hati selalu merasa bersalah. Ia membohongi orang lain padahal sejatinya ia membohongi dirinya sendiri.

Dalam hadits yang sahih, Rasulullah saw bersabda: 
*_"Berlaku jujurlah kalian. Sesungguhnya jujur itu menuntun kepada kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Seseorang senantiasa jujur dan berusaha untuk jujur, sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta karena sesungguhnya dusta itu menuntun kepada keburukan dan keburukan itu menuntun ke neraka. Seseorang senantiasa berdusta dan berusaha untuk berdusta sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta”_* (HR Muslim dari Ibnu Mas’ud).

*_Tentang Malu_*
Beredar di masyarakat hadits yang masyhur yang menyatakan bahwa *_malu itu sebagian dari iman._* Benar adanya. Bahwa malu itu akan berimplikasi naiknya keimanan kepada Allah. Tetapi, malu yang bagaimana yang merupakan bagian dari iman?
Malu atau al-haya`u dalam bahasa Arab, ada dua macam, yaitu al-haya`ul mamduh (malu yang terpuji) misalnya malu jika makan dengan tangan kiri apalagi sampai berjalan kaki, malu jika berbuat sesuatu yang tidak semestinya dilakukan apalagi oleh seseorang yang berilmu; dan al-haya`ul madzmum (malu yang tercela) malu ke pengajian karena tidak memiliki pakaian yang bagus.
Nah, dari kedua jenis malu tersebut, malu yang merupakan bagian dari iman adalah malu yang pertama, yaitu al-hay`ul mamduh. Jika Anda merasa malu berbuat buruk, maka malunya Anda adalah bagian dari iman. jika Anda malu Jika Anda malu tidak bersedekah (pelit) karena Anda mampu, maka malunya Anda adalah bagian dari iman.

*_Tentang Takut_*
Seperti halnya malu, takut atau al-khaufu (dalam bahasa Arab) ada dua macam, yaitu takut thabi’ah insaniyah (sifat manusiawi) dan takut bil’ilmi (berdasarkan ilmu). Takut jenis pertama seperti takut kecelakaan, takut binatang buas, takut bangkrut, takut kehilangan harta benda, takut sakit, dll.. Takut jenis kedua seperti takut masuk neraka, takut tidak bisa beribadah secara benar, takut dimurkai Allah, takut anak-anaknya tidak shalih, dll..
Takut yang hadir karena adanya ihsan adalah takut jenis kedua, yaitu takut berdasarkan ilmu. ketika ada pejabat tidak berani korupsi karena takut dimurkai Allah, misalnya, maka takutnya tersebut merupakan takut yang akan berefek positif bagi ketenangan batin dan keselamatan dirinya di dunia dan akhirat.

Ketiga hal sebagaimana dipaparkan di atas, yaitu jujur, malu dan takut semoga menjadi peningkat keimanan dan kualitas amal kita di hadapan Allah. Sejatinya ketika tiga hal itu bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari secara benar, pada tempatnya, secara otomatis kebahagiaan dan ketenangan hidup menjadi bayaran yang berharga. Kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat. Insya Allah.
Selamat berjuang dalam Ibadah kepada Alloh SWT...😊😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar