Kamis, 22 Oktober 2015

Belajar dari Keharmonisan Rumah Tangga Rasulullah

DUA insan yang saling mencinta bersatu dalam ikatan suci dan berada dalam satu atap yang sama, akan merasakan hiruk pikuk berumah tangga. Di dalamnya terdapat beberapa ujian dan tantangan yang mungkin belum pernah mereka rasakan. Tapi, cobalah kita tengok rumah tangga Rasulullah SAW.
Di bawah naungan rumah tangga yang bersahaja, di situlah tinggal sang istri, pahlawan di balik layar, pembawa ketenangan dan kesejukan. Rasulullah SAW bersabda, “Dunia ini seluruhnya adalah kenikmatan, dan sebaik-baik kenikmatan dunia adalah istri yang shalihah,” (Lihat Shahih al-Jami’ ash-Shaghir karya al-Albani).
Di antara keelokan budi pekerti Rasulullah SAW dan keharmonisan rumah tangga beliau ialah memanggil Aisyah RA dengan nama kesayangan dan mengabarkan kepadanya berita yang membuat jiwa serasa melayang-layang.
Aisyah RA menuturkan, “Pada suatu hari Rasulullah SAW berkata kepadanya, ‘Wahai ‘A’isy (panggilan kesayangan Aisyah RA), ini adalah malaikat Jibril menyampaikan salam untukmu’,” (Muttafaqun alaih).
Bahkan beliau SAW –selaku nabi umat ini yang paling sempurna akhlaknya dan paling tinggi derajatnya- telah memberikan sebuah contoh yang berharga dalam hal berlaku baik kepada sang istri dan dalam hal kerendahan hati, serta dalam hal mengetahui keinginan dan kecemburuan wanita. Beliau menempatkan mereka pada kedudukan yang diidam-idamkan oleh seluruh kaum Hawa. Yaitu menjadi seorang istri yang memiliki kedudukan terhormat di samping suaminya.
Aisyah RA menuturkan, “Suatu ketika aku minum, dan aku sedang haid, lantas aku memberikan gelasku kepada Rasulullah SAW dan beliau meminumnya dari mulut tempat aku minum. (Dalam kesempatan lain) aku memotong sepotong daging, lantas beliau mengambil sepotong daging itu dan memakannya tepat di tempat aku memakannya,” (Diriwayatkan oleh Muslim).
Beliau SAW tidaklah seperti yang diduga oleh kaum munafik atau seperti yang dituduhkan kaum orientalis dengan tuduhan-tuduhan palsu dan pengakuan-pengakuan batil. Bahkan, beliau lebih memilih etika berumah tangga yang paling elok dan sederhana.
Diriwayatkan oleh Aisyah RA, “Bahwasanya Nabi SAW pernah mencium salah seorang istri beliau, kemudian berangkat menunaikan shalat tanpa memperbaharui wudhu,” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan at-Tirmidzi).
Dalam berbagai kesempatan, beliau selalu menjelaskan dengan gamblang tingginya kedudukan kaum wanita di sisi beliau. Mereka –kaum Hawa- memiliki kedudukan yang agung dan derajat yang tinggi. Rasulullah SAW pernah menjawab pertanyaan ‘Amr bin al-‘Ash seputar masalah ini, beliau jelaskan kepadanya bahwa mencintai istri bukanlah suatu hal yang tabu bagi seorang lelaki yang normal.
Amr bin al’Ash pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Siapakah orang yang paling engkau cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.” (Muttafaq alaih).
Barangsiapa mengidamkan kebahagiaan rumah tangga, hendaklah ia memperhatikan kisah-kisah Aisyah bersama Rasulullah SAW, dan bagaimana kiat-kiat beliau membahagiakan Aisyah.
Dari Aisyah RA, ia berkata, “Saya pernah mandi berdua bersama Rasulullah SAW dari satu bejana,” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari).
Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan kesempatan sedikit pun kecuali beliau memanfaatkan untuk membahagiakan dan menyenangkan istri melalui hal-hal yang dibolehkan.
RASULULLAH SAW tidak pernah melewatkan kesempatan sedikit pun kecuali beliau memanfaatkan untuk membahagiakan dan menyenangkan istri melalui hal-hal yang dibolehkan.
Aisyah RA mengisahkan, “Pada suatu ketika aku ikut bersama Rasulullah dalam sebuah lawatan. Pada waktu itu aku masih seorang gadis yang ramping. Beliau memerintahkan rombongan agar bergerak terlebih dahulu. Mereka pun berangkat mendahului kami. Kemudian beliau berkata kepadaku, ‘Kemarilah! Sekarang kita berlomba lari.’ Aku pun meladeninya dan akhirnya aku dapat mengungguli beliau. Beliau hanya diam saja atas keunggulanku tadi. Hingga pada kesempatan lain, ketika aku sudah agak gemuk, aku ikut bersama beliau dalam sebuah lawatan. Beliau memerintahkan rombongan agar berangkat lebih dahulu. Kemudian beliau menantangku berlomba kembali. Dan akhirnya beliau dapat mengungguliku. Beliau tertawa seraya berkata, ‘Inilah penebus kekalahan yang lalu’,” (Diriwayatkan oleh Ahmad).
Sungguh, merupakan sebuah bentuk permainan yang sangat lembut dan sebuah perhatian yang sangat besar. Beliau memerintahkan rombongan untuk berangkat terlebih dahulu agar beliau dapat menghibur hati sang istri dengan mengajaknya berlomba lari. Kemudian beliau memadukan permainan yang lalu dengan yang baru, beliau berkata, “Inilah penebus kekelahan yang lalu!”
Mereka yang sering bepergian melanglang buana serta memperhatikan keadaan orang-orang yang terpandang pada tiap-tiap kaum, pasti akan takjub terhadap perbuatan Rasulullah. Beliau adalah seorang nabi yang mulia, pemimpin yang selalu berjaya, keturunan terhormat suku Quraisy dan Bani Hasyim.
Pada saat-saat kejayaan beliau kembali dari sebuah peperangan dengan membawa kemenangan bersama rombongan pasukan besar. Meskipun demikian, beliau tetap seorang yang penuh kasih sayang dan rendah hati terhadap istri-istri beliau para Ummahatul Mu’minin.
Kedudukan beliau sebagai pemimpin masukan, perjalanan panjang yang ditempuh, serta kemenangan demi kemenangan yang di medan pertempuran, tidak membuat beliau lupa bahwa beliau didampingi para istri –kaum hawa yang lemah- yang sangat membutuhkan sentuhan lembut dan bisikan manja, agar dapat menghapus beban berat perjalanan yang sangat meletihkan.
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, bahwa ketika Rasulullah SAW kembali dari peperangan Khaibar, beliau menikahi Shafiyah binti Huyai. Beliau mengulurkan tirai di dekat unta yang akan ditunggangi untuk melindungi Shafiyah dari pandangan orang. Kemudian duduk bertumpu pada lutut di sisi unta tersebut, lalu beliau persilahkan Shafiyah untuk naik ke atas unta dengan bertumpu pada lutut beliau.
Pemandangan seperti ini memberikan kesan begitu mendalam yang menunjukkan sikap tawadhu’ beliau. Rasulullah SAW selaku pemimpin yang berjaya dan seorang nabi yang diutus memeberikan teladan kepada umatnya bahwa bersikap tawadhu’ kepada istri, mempersilahkan lutut beliau sebagai tumpuan, membantu pekerjaan rumah, membahagiakan istri, sama sekali tidak mengurangi derajat dan kedudukan beliau. []
Sumber: Sehari di Kediaman Rasulullah SAW/Karya: Abdul Malik bin Muhammad al-Qasim/Penerbit: Daarul Haq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar