Minggu, 26 Mei 2019

Keutamaan Puasa



Sebenarnya sangat banyak fadhilah (keutamaan) puasa yang kita dapat.
Saya mencoba menjelaskan sedikit tentang keutamaan puasa
Oleh: Muhammad Munir Nasution

Salah satu keutamaan puasa terkhususnya pada bulan ramadhan adalah, dosa terdahulu akan diampuni oleh Allah swt, seperti yang dijelaskan bahwa nabi Muhammad saw bersabda: "barang siapa yg berpuasa dengan iman dan ikhlas maka dosanya terdahulu akan diampuni" (HR. Ak-Bukhori, no. 2910, dan Muslim, no. 760).
Kemudian orang yang bepuasa mendapat kebahagiaan ketika berjumpa dengan Allah swt, sebagai mana nabi Muhammad saw bersabda: "orang yg berpuasa mempunyai dua kebahagiaan: kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan tuhannya" (HR. Al-Bukhori, no. 1805 dan Muslim, no. 1151).
Dan Allah swt juga memberi keutamaan bagi orang berpuasa yg didapati di surga yaitu pintu Ar-Rayan, yaitu yg diperuntukkan bagi orang yg berpuasa, sebagai mana rasulullah saw bersabda: "sesungguhnya nanti di surga ada sebuah pintu yg disebut Ar-Rayan, yg merupakan tempat mesuk orang yg berpuasa pada hari kiamat. Selain mereka tidak akan ada yg bisa masuk. Dukatakan 'mana yg berpuasa ?' maka mereka berdiri dan tidak ada yg masuk selain mereka. Dan ketika orang berpuasa sudah masuk, pintu itu langsung ditutup. Maka tidak ada yg masuk selain dari yg berpuasa". (HR. Al-Bukhori, no. 1797, dan Muslim, no. 1152).
Dan kemudian lagi amalan puasa yang kita lakukan itu amal bukan untuk kita tapi puasa yg kita lakukan itu untuk Allah swt, dan Allah swt yg akan memberikan balasannya ke pada kita, sebagai mana rasulullah saw bersabda:
"Setiap amal anak Adam adalah untuk mereka, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untukku dan aku memberikan balasan ke padanya". (HR. Al-Bukhori, no. 1805 dan Muslim).

Maka daripada itu marilah tingkatkan keikhlasan dan kesungguhan puasa kita karna Allah swt, karna sesungguhnya dengan puasa dosa kita diampuni, kita berjumpa dengan Allah swt, kita diberi pintu Ar-Rayan di surga dan puasa kita itu untuk Allah saw dan Allah swt lah yg akan memberikan balasannya. Yakinlah Allah swt memberikan balasan itu pasati dengan balasan yg sangat luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar