Senin, 06 Mei 2019

Saya Udah Dikasih Rezeki sama Allah 11 Bulan, Sekarang Waktunya Benerin Ibadah Saya



KEMARIN di pasar, sudah semakin ramai. Bukan cuma pengunjung yang bertambah, tapi pedagang baru bermunculan. Suasana hiruk pikuk sampai aku berdiri di depan seorang pedagang pepaya.

Sambil melayani pelanggan, beliau berkata: “Besok saya gak jualan, Bu.. mau siap-siap nyambut Ramadhan…”
“Munggah, pak?” tanya si ibu salah satu pelanggan.

“Saya gak munggah-munggahan Bu,” jawab si bapak.
“Saya mau bersih-bersih masjid yang deket-deket rumah saya, Bu… mau nyambut tamu-tamu Allah yang mau shalat tarawih. Biasanya kan kalau tarawih masjid-masjid jadi ramai, kalau masjidnya bersih, wangi, nyaman, mudah-mudahan jadi betah itikaf. Mudah-mudahan lewat Ramadhannya jadi shalat wajibnya pada di masjid,” katanya sambil tersenyum.
Si ibu pun menimpal, “Iya Mang, besok kan orang mau siap-siap pasti banyak yang ke pasar belanja.”
Si bapak pedagang pepaya tersenyum. “Gak papa…. Saya udah dikasih Allah rejeki 11 bulan, sekarang waktunya saya benerin ibadah saya, 11 bulan ibadah saya belum tentu bener, rejeki gak kemana,” ujarnya. “Allah yang ngatur semua. Ngurusin kebutuhan dunia gak selesai selesai… Orang kaya aja masih pengen lebih kaya… Apalagi orang susah… Tapi buat apa kalau kaya di dunia miskin di akhirat, atau enggak miskin di dunia, miskin juga di akherat, kapan saya sama keluarga saya bahagianya?”
Aku, si ibu dan pedagang pisang terpana mendengar ucapannya.
Adakah kita yang sudah Allah berikan nikmat lebih dari pedagang pepaya lebih pula dalam bersyukur kepada Allah? Jika tidak… hendak disimpan dimana wajah ini kelak di yaumil hisab ketika Allah pertanyakan bagaimana kita bersyukur atas nikmat yang diberi? []
Catatan hikmah Ernydar Irfan / Ernydar Lse Herba-2 Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar