Senin, 16 Juni 2014

Pernak-pernik Ramadhan di Negara Lain

Ramadhan selalu punya keunikan tersendiri. Momentum yang datang hanya satu kali dalam setahun ini selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia.
Tidak hanya karena keistimewaannya sebagai bulan ibadah, namun juga berbagai tradisi dan kemeriahan yang hanya bisa ditemukan di bulan ini.
Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang agar tetap segar dan sehat berpuasa. Bila di Indonesia Ramadhan identik dengan ngabuburit atau kurma, maka negara-negara lain di belahan dunia pun punya tradisi unik di bulan Ramadhan. Yuk sama-sama kita cari tahu!

MESIR

Di Mesir untuk menyambut datangnya Ramadhan mereka mempunyai tradisi unik, yaitu mereka akan memasang lampu tradisional di rumah masing-masing. Lampu tersebut adalah lampu Fanus. Saat menjelang Ramadhan tiba, sebagian besar warga Kairo berbondong-bondong untuk berbelanja lampu tersebut. Tradisi ini sudah dimulai sejak zaman dinasti Fattimiyah, ketika itu lampu tersebut dipasang untuk menyambut kedatangan pasukan Raja yang datang berkunjung menjelang datangnya bulan Ramadhan.

PALESTINA

Selain di Mesir, tradisi menyalakan lampu ketika datang bulan Ramadhan juga dimiliki oleh warga Palestina. Setiap bulan Ramadhan tiba, mereka akan memasang lampu Ramadhan ini di masing-masing rumah dan di sepanjang jalan kota.

ALBINA

Albina memiliki tradisi kesenian yang dinamakan dengan Lodra, tradisi ini untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kesenian tersebut hampir sama dengan tradisi memukul bedug di Indonesia,yang membedakan kesenian ini adalah beduk  Lodra Albania menggunakan dua buah tabung di mana masing-masing menggunakan kulit kambing dan domba, pemukulnya sendiri menggunakan dua buah stik yang berbeda sehingga akan menghasilkan dua jenis suara yang berbeda.

Setiap memainkannya Lodra akan dimainkan bersama alat musik lainnya. Seniman Lodra terkadang juga diundang khusus untuk mengiring sahur atau biasa disebut dengan Syfyr dan buka puasa atau Iftar.

IRAK

Irak mempunyai julukan Negeri 1001 malam. Negara ini akan menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan berbelanja di pasar Shorja, pasar tersebut merupakan pasar tertua di Irak. Pasar ini hanya ramai ketika datang bulan puasa dan waktu buka pasar hanya dari sore hari sampai menjelang malam. Di pasar ini banyak dijual barang dagangan unik, di antaranya jajanan untuk menu berbuka puasa dan perlengkapan pendukung ibadah lainnya.

PRANCIS

Di Prancis tepatnya di Couronne, di mana daerah ini banyak didiami oleh imigran asal Arab, juga ada tradisi berbelanja berbagai macam pernak-pernik untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dan jalan Pierre Tumbot lah yang paling terkenal ramai sebagai tempat menjual berbagai macam pernak-pernik tersebut.

ITALIA

Walaupun mayoritas warga Italia bukanlah umat muslim, tetapi kota ini juga mempunyai tradisi unik menyambut bulan suci Ramadhan. Ketika Ramadhan tiba, banyak penganan khas yang memiliki cita rasa manis serta kurma juga dapat ditemukan dengan mudah. di La Grande Mosche (Masjid Agung di Roma) aktivitas menyambut datangnya bulan puasa akan nampak sekali.

Sumber: http://www.lebaran.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar