Selasa, 14 Mei 2013

UNTUKMU PARA SUAMI, PAHAMILAH KARAKTER ISTRIMU

Pahamilah karakter istrimu, bahwasanya mereka tercipta dari tulang rusuk yang bengkok, yang secara fitrah akan tetap bengkok. Namun bukan berarti seorang suami harus menyerah dengan alasan bengkoknya tulang rusuk.

Seorang istri, sebaik apapun sifatnya, tetap saja dia adalah seorang wanita yang secara fitrah sulit untuk diluruskan karena diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن المرأة خلقت من ضلع لن تستقيم لك على طريقة

"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk (yang bengkok), (sehingga) dia tidak bisa terus-menerus (dalam keadaan) lurus jalan (hidup)nya." [HR. Muslim (no. 1468)]
Oleh karena itu, seorang wanita sangat membutuhkan BIMBINGAN dan PENGARAHAN dari seorang laki-laki (suami) yang memiliki AKAL, KEKUATAN, KESABARAN, dan KETEGUHAN PENDIRIAN yang melebihi wanita. (Lihat Taisirul Karimir Rahman, edisi Indonesia: Tafsir As-Sa'di, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di rahimahullah).

Teruslah menasihati, ambillah sikap mudarah (mengambil hati dan menggait simpati), niscaya kebaikan akan meliputinya dengan izin Allah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengkabarkan kepada kita kaum laki-laki tentang siapa sebenarnya seseorang yang selalu mendampingi kita dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam sebuah hadits:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا فَإِنَّهُنَّ خُلِقْنَ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang bersabda:

"Berwasiatlah kalian yang baik kepada kaum wanita, karena mereka tercipta dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas, maka kalau engkau meluruskannya berarti engkau mematahkannya, namun jika engkau membiarkannya maka dia akan selamanya bengkok, oleh karena itu berwasiatlah yang baik kepada wanita." [HR. Bukhari (5168) dan Muslim (1468)]

Tahukah engkau bagaimana sebuah tulang rusuk yang bengkok? Tulang rusuk dimana-mana itu keras dan kaku, maka butuh cara tertentu untuk bisa meluruskannya, kalau engkau meluruskanya dengan keras dan secara langsung, tidak diragukan lagi bahwa tulang itu akan segera patah. Kalau sekedar patahnya tulang tidaklah mengapa, namun kalau patahnya sebuah keluarga, maka apakah maknanya?

Namun bukan berarti itu membuat sang suami harus menyerah beralasan dengan bengkoknya tulang rusuk, karena Rasulullah pun menandaskan bahwa kalau engkau biarkan maka dia akan selamanya bengkok. Lalu bagaimana solusinya?

Perhatikanlah hadits berikut:

Dari Samurah bin Jundub, ia berkata: “Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya wanita itu tercipta dari tulang rusuk, maka jika engkau meluruskannya niscaya engkau akan mematahkanya, oleh karena itu ambillah sikap mudarah, niscaya engkau akan bisa hidup dengannya.” [HR. Ibnu Hibban (1308) dengan sanad yang shahih]

Berkata Al Hafidz Ibnu Hajar:

“Al Mudarah” adalah bersikap basa-basi dan lunak.

Beliau juga berkata:

“Hadits ini menunjukkan diperintahkannya bersikap mudarah kepada wanita UNTUK MENGAMBIL HATI dan MENGGAIT SIMPATINYA. Hadits ini juga menunjukan bahwa cara bersikap dengan wanita HARUS BANYAK MEMAAFKAN dan BERSABAR AKAN KEBENGKOKANNYA. Dan barang siapa yang menginginkan untuk meluruskannya niscaya dia tidak akan bisa hidup bersama mereka, padahal tidak mungkin ada seorang pun laki-laki yang bisa hidup tanpa wanita, di sini seakan-akan Rasulullah bersabda bahwasannya hidup senang bersama seorang istri tidak mungkin bisa dicapai kecuali harus dengan bersabar atas kekurangannya.” [Lihat Fathul Bari (9/254) dengan sedikit perubahan]

(Dikutip secara ringkas dengan beberapa penyesuaian dan tambahan dari catatan lama yang berjudul Wahai Para Suami! Apakah Kau Kira Istrimu Lebih Baik Daripada Istri-Istri Nabi?, karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafizhahullah)

Tidakkah kalian para suami ingin tetap hidup bersama para istri bahkan hingga ke dalam Jannah?

Semoga bermanfaat...
Sumber : FB "KATA-KATA HIKMAH"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar